Tips Menata Mainan Anak untuk para Orang Tua di Rumah

Kamis, 02 September 2021

Konsekuensi memiliki seorang anak tentu saja harus membelikannya berbagai macam mainan. Tapi masalahnya kadang si anak tidak disiplin dan patuh untuk menatanya kembali dengan rapi. Nah, jadi kali ini kita akan bahas bagaimana tips menata mainan anak yang simpel dan bisa Anda praktekkan di rumah dengan melibatkan si anak.

Dengan memahami cara efektif menata mainan anak maka nantinya Anda bisa mengajari si kecil langsung untuk praktek melakukannya sendiri. Hal seperti ini memang mungkin memerlukan kedisiplinan yang tinggi dan harus diingatkan berkali kali agar terbiasa. Peran Anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan minimal mengajari strategi penataannya agar rapi dan mainan tidak rusak.

Apakah cukup dengan itu saja? Tentu tidak. Setidaknya beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk membantu membuat si kecil disiplin menata mainannya.

Tips Menata Mainan Anak untuk para Orang Tua di Rumah

Tips Menata Mainan Anak agar Awet

Sebagian besar anak tidak tahu bagaimana cara merapikan mainan mereka sendiri setelah tidak dipakai. Oleh karenanya, Anda sebagai orang tua harus mengawali dan membimbingnya sampai bisa. Beberapa tips menata mainan anak berikut ini bisa Anda terapkan.


Kelompokkan mainan berdasarkan jenisnya

Tips menata mainan anak yang pertama adalah dengan melakukan pengelompokkan jenis mainannya terlebih dahulu. Hal ini menjadi wajib dilakukan terutama untuk Anda yang membelikan banyak mainan untuk anak dengan jenis yang berbeda-beda.

Kelompokkan berdasarkan jenisnya misalnya kelompok mainan mobil-mobilan, boneka, orang-orangan, monster hunter, lego, dan sebagainya. Tujuan pengelompokan ini nantinya adalah agar menatanya benar dan memilih box dengan ukuran yang sesuai.


Perhatikan mainan yang paling disukainya

Setiap anak pastinya memiliki mainan yang paling disukai bahkan bisa jadi harus selalu ada dekat dengan mereka. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan apa saja mainan yang paling disukai oleh anak Anda. Setelah menemukannya, prioritaskan mainan tersebut menyimpannya di tempat yang paling mudah dijangkau agar anak tidak kerepotan saat ingin bermain.


Jauhkan mainan yang berpotensi membahayakan

Terkadang ada beberapa mainan yang memang dibeli karena menarik namun sedikit membahayakan anak. Beberapa mainan anak yang sekiranya memiliki potensi membahayakan sebaiknya simpan jauh-jauh.

Untuk jenis mainan tersebut, Anda harus menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak Anda. Atau akan lebih baik lagi jika Anda hanya membeli mainan anak yang aman-aman saja untuknya.


Beli lemari mainan

Tips menata mainan anak selanjutnya adalah dengan membeli lemari khusus mainan. Ini bisa dipakai untuk membuat seluruh mainan menjadi tersimpan rapi. Saat ini pun banyak sekali jenis lemari mainan namun yang paling laris adalah lemari mainan anak minimalis.

Lemari ini memiliki desain yang modern dan mendukung gaya rumah minimalis dengan nilai fungsi maksimal namun tidak membuat ruangan menjadi terasa sesak.


Miliki ruangan khusus untuk anak bermain-main

Jika Anda memiliki sebidang ruangan yang masih bisa dimanfaatkan, tidak ada salahnya untuk membuat desain ruang bermain anak. Ruangan tersebut akan menjadi seperti istana bermain anak sehingga anak menjadi lebih senang bermain di sana, tanpa perlu membuat ruangan lain berantakan.

Tips menata mainan anak ini bisa dilakukan baik dengan membuat ruangan khusus didalam rumah maupun memanfaatkan halaman luar rumah.

Rumah Anda bisa tetap rapi walaupun banyak mainan anak jika bisa memanfaatkan ruangan dengan baik. Misalnya memodifikasi dinding sebagai tempat penyimpanan, memilih lemari gantung, dan menempatkan lemari atau wadah mainan ditempat yang pas.


Ajak anak untuk bertanggungjawab pada mainannya

Ide penataan mainan bukan hanya sekadar pemanfaatan ruangan atau pembelian wadah mainan. Anda bisa mulai mengajarkan dan mencontohkan untuk selalu menyimpan mainan pada tempatnya setelah selesai digunakan. Selain membuat rumah selalu rapi, hal ini sangat baik untuk pembelajaran anak Anda.

Share on :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. bibliotropic.net.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License